Site Loader
FACEBOOK
Sukau Kayo, Lebong Atas, Kabupaten Lebong, Propinsi Bengkulu

PROFIL DESA BIOA PUTIAK KECAMATAN PINANG BELAPIS

SEJARAH DESA

Desa Bioa Putiak berada di wilayah Kecamatan Pinang Belapis, Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu. Desa Bioa Putiak merupakan Desa hasil pemekaran dari Desa Air Kopras pada Tahun 2009. Nama Desa Bioa Putiak mempunyai arti ” Air yang Jernih”, hail ini diambil dari nama air sungai yang mengalir melewati pinggiran desa tersebut.

Setalah resmi menjalankan pemerintahan sendiri, pada tahun 2011, diadakan pemilihan kepala desa secara demokratis, kepala desa terpilih adalah Bapak Erik Murdani untuk periode 2012-2017. Setelah berakhir masa jabatan Bapak Erik Mardani, Desa Bioa Putiak dipimpin Pejabat Sementara yaitu oleh Bapak Iyan Nurmansyah, SH. Pada 17 Desember 2018, dilaksanakan pemilihan kepala desa periode yang kedua, dan Kepala Desa terpilih adalah Bapak Zulkaidi.

DEMOGRAFI

Desa Bioa Putiak berada pada ketinggian 600-700 meter diatas permukaan air laut, dengan kemiringan antara 30 hingga 95 derajat. Desa Bioa Putiak memiliki luas wilayah sekitar 2.220,5 Hektar. Dari luas wilayah Desa tersebut dimanfaatkan untuk lahan persawahan seluas 15 ha, perkebunan rakyat 60 ha dengan komoditas utama tanaman kopi, selebihnya merupakan hutan dan lahan kritis.

Jarak dari Desa ke Ibu Kota Kecamatan sekitar 23 km, dengan lama jarak tempuh 50 menit. sedangkan jarak Desa ke Ibu Kota Kabupaten sekitar 20 km, dengan lama jarak tempuh 35 menit. adapun batas Wilayah Desa, sebagai berikut:

sebelah utaraberbatasan dengan Desa Tambang Saweak
sebelah selatanberbatasan dengan Desa Air Kopras
sebelah baratberbatasan dengan Hutan Rakyat
sebelah timurberbatasan dengan Hutan TNKS

KEADAAN SOSIAL

Penduduk Desa Bioa Putiak terdiri dari berbagai Suku. Suku Rejang adalah Suku yang dominan berdomisili di Desa Bioa Putiak, sedangkan suku lainnya antara lain Suku Sunda, Batak dan Jawa. Penduduk Desa Bioa Putiak berjumlah 719 jiwa, terdiri dari 391 jiwa laki-laki, 328 perempuan dalam 210 Kepala Keluarga yang terpencar dalam 3 dusun, dengan rincian sebagai berikut:

Keterangan Dusun IDusun IIDusun III
Jiwa210277232
KK658362

PENDIDIKAN

Tidak Tamat SDSDSLTPSLTADiplomaSarjana
30 orang35 orang112 orang231 orang17 orang13 orang

KEADAAN EKONOMI

Kondisi Ekonomi masyarakat Desa Bioa Putiak pada umumnya tergolong masysrakat dengan kelas ekonomi menengah kebawah dan RTM. kondisi ini disebabkan oleh rendahnya SDM dan mayoritas penduduk bermata pencaharian sebagai petani yang menggunakan pola pertanian tradisional.

DATA PEKERJAAN

PetaniPeternakJasaPedagangHonorerPNSSwasta
97871823181223

KEPEMILIKAN TERNAK

AyamBebekKambingKerbau
2201156747

KONDISI PEMERINTAHAN DESA

Desa Bioa Putiak dipimpin oleh seorang Kepala Desa, dengan wilayah desa dibagi menjadi tiga dusun, setiap dusun dikepalai seorang kepala dusun.

SARANA DAN PRASARAN DESA

Sarana/PrasaranaJumlah/Volume
Sekolah Dasar1 sekolah
Puskesmas/Pustu1 instansi
Masjid1 masjid
Jalan poros/Hotmix3 km
Jalan Lingkungan1 km
Jembatan gantung2 jembatan
Sungai8 km
Pemakaman Umum1 ha
Jalan Kabupaten2 km
Sarana Prasarana air bersih1 unit

Sumber Data; Profil Desa Tahun 2019

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Galeri