Site Loader
FACEBOOK
Sukau Kayo, Lebong Atas, Kabupaten Lebong, Propinsi Bengkulu

PROFIL DESA SEBELAT ULU KECAMATAN PINANG BELAPIS

  • Demografi

Desa Sebelat Ulu merupakan salah satu desa yang berada di wilayah Kecamatan Pinang Belapis, Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu. Desa Sebelat Ulu memiliki luas 6.442 Ha. Sebagian besar daerah pemukiman penduduk dan selebihnya sawah dan perkebunan. dan sebagian besar penduduk Desa Sebelat Ulu berprofesi sebagai petani. Desa Sebelat Ulu berada pada 600 meter dari permukaan air laut, dengan bentangan alam yang berbukit. Jarak Desa Sebelat Ulu ke ibu kota kecamatan sejauh 7 Km, sedangkan ke Ibu kota Kabupaten sejauh 30 Km, atau dengan waktu tempuh sekitar 30 menit ke Ibu Kota Kecamatan dan sekitar 120 menit ke Ibu Kota Kabupaten, dengan menggunakan kendaraan roda dua/empat.

  • Keadaan Sosial

Penduduk Desa Sebelat Ulu dihuni 454 jiwa, sebesar 96.91% (data 2018) dari Suku Rejang, 2.86% dari Suku Jawa dan 0.22% dari Suku Batak, terdiri dari 230 jiwa Laki-laki, 224 jiwa perempuan, dalam 120 KK. Agama mayoritas di Desa Sebelat Ulu adalah agama islam dengan persentase 99.78%, selebihnya Agama Kristen. untuk tingkat pendidikan masih rendah, hal ini dapat dilihat dari total lulusan SLTP dan SLTA sebanyak 23 orang, sedangkan Usia 7-45 tahun yang tidak pernah sekolah ada sebanyak 221 orang.

  • Lembaga Pemerintahan Desa

Desa sebelat Ulu dipimpin oleh seorang Kepala Desa dan dibantu 3 Kepala Dusun. Dalam menjalankan pembangunan fisik dan Sumberdaya Manusianya, Kepala Desa dibantu oleh Badan Pembangunan Desa (BPD) dan Perangkat Agama. Serta untuk menggerakkan keaktifan masyarakat baik yang tua maupun yang muda, dewasa, remaja maupun anak-anak, maka dibentuk lembaga-lembaga kemasyarakatan yaitu Organisasi PKK, Karang Taruna, Kelompok Tani, LPM dan Kelompok Gotong Royong.

Tabel Jumlah Aparat Pemerintah Desa

Aparatur DesaAnggota BPDPerangkat Agama
11 orang5 orang7 orang

Tabel Jumlah Anggota Lembaga Kemasyarakatan

PKKKarang TarunaKelompok TaniPengurus LPMKelompok Gotong Royong
16
orang
17
orang
4
orang
6
orang
70
orang

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Galeri