Site Loader
FACEBOOK
Sukau Kayo, Lebong Atas, Kabupaten Lebong, Propinsi Bengkulu

Pelaksanaan Rapat Koordinasi Tim Inovasi Kabupaten (Rakor TIK) telah dilaksanakan di Hotel Asri, Selasa 30 Juli 2019 dihadiri yang dimaksud dalam
panduan ini adalah Rakor yang dilaksanakan di kabupaten/kota lokasi PID Tahun Anggaran 2019 dengan pembiayaan berasal dari APBN Dana Dekonsentrasi Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Ditjen PPMD) bersumber dari Loan IBRD 8217-ID, Tahun Anggaran 2019.

Memperhatikan bahwa PID merupakan bagian dari keseluruhan program yang
dilaksanakan oleh Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, maka pelaksanaan Rako TIK tersebut mencakup didalamnya adalah program-program dalam lingkup besar Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) yaitu Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD), Program Pengembangan Ekonomi Lokal (PEL) dan Program Pengembangan Sumberdaya Manusia (PSDM).

Pelaksanaan Rakor TIK merupakan bagian dari upaya peningkatan koordinasi
pembinaan dan pengendalian pelaksanaan seluruh tahapan program-program dalam lingkup PPMD, serta penyebarluasan informasi mengenai program dan capaian hasil pelaksanaannya kepada para pihak pemangku kepentingan termasuk para pelaku implementasi Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa (UU Desa) dan Masyarakat. Masyarakat yang dimaksud adalah masyarakat penerima manfaat langsung kegiatan program program tersebut, yakni warga desa khususnya rumah tangga miskin. Sedangkan para pelaku program termasuk instansi atau lembaga pendukung pelaksana program dari kalangan pemerintah, swasta, lembaga swadaya masyarakat, pendamping dan kader desa.


Rakor TIK juga diharapkan menjadi media pembelajaran dan peningkatan kapasitas bagi pelaku program-program dalam lingkup PPMD mengenai konsep, prinsip, prosedur, tahapan pelaksanaan program dan kebijakan-kebijakan terbaru terkait pendampingan implementasi UU Desa. Selain itu, Rakor TIK diharapkan juga dapat menjadi pintu masuk sinergi program-program lingkup PPMD. Dengan demikian upaya pelembagaan dan pengorganisasian pendampingan implementasi UU Desa dalam masyarakat dan sistem pemerintahan dapat berjalan optimal.

Guna membangun pemahaman yang utuh tentang pelaksanaan Rakor TIK sekaligus sebagai penjabaran teknis dari Keputusan Direktur Jenderal PPMD Nomor 01 Tahun 2019 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kegiatan Dekonsentrasi Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa Tahun Anggaran 2019, maka diterbitkan panduan ini yang secara khusus sebagai penjabaran lebih lanjut tentang Pelaksanaan Rapat Koordinasi Tim Inovasi Kabupaten/Kota (Rakor TIK) Tahun Anggaran 2019.

Post Author: PMDES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Galeri